-->

Download Novel Supernova 6 : Intelegensi Embun Pagi


Novel ini dibuka dengan kisah Gio di Peru, yang disadarkan oleh para Umbra, bahwa dirinya adalah peretas kunci dengan Kode Kabut. Gejolak batin Gio masih terus beradu apakah harus meneruskan misi atau kembali hidup normal. Dan akhirnya Gio melanjutkan misi untuk menemukan peretas Gerbang berkode Partikel, yang tidak lain adalah Zahrah. Dibelahan bumi lain, pertemuan Bodhi dan Elektra membuka tabir baru untuk keduanya. Dengan bantuan Elektra sebagai peretas memori, Bodhi akhrinya mengetahui jati dirinya sebagai seorang terpilih untuk dapat mengakses Asko. Tapi tanpa disadari tipu daya Sati dan Simon mampu menghasut Elektra.

Perbincangan Alfa dan Kell dipesawat menimbulkan tanda tanya besar, apakah Kell seorang infiltran atau justru Sarvara yang berusaha mengelabuhinya. Mereka berdua akhirnya bergabung dengan Bodhi  sebagai Tim Cendol. Sedangkan di Jakarta, Ruben dan Dimas kebingungan menjelaskan siapakah sosok Diva sebenarnya. Dan mereka juga meminta bantuan Toni (Mpret) untuk melacak pihak dibalik Supernova.

Landasan untuk cerita ini ada di novel Kesatria Putri & Bintang Jatuh, yaitu tentang konsep dimensi ruang-waktu dalam perspektif manusia. Sedangkan formula yang digunakan adalah reinkarnasi (rebirth). Kemanunggalan. Proses terus menerus untuk mencapai suatu titik yang disebut kesempurnaan. Dimana kelahiran dan kematian hanya proses dari suatu misi penting yang tersekat oleh dimensi ruang-waktu. Dalam teori proses reinkarnasi, hampir sebagaian besar umat manusia mengalami sesuatu yang disebut “lupa akan masa lalunya”. Di sinilah tugas para peretas, kaum terpilih yang mengemban misi untuk memantik bahkan menyadarkan umat manusia dari fase amnesia.

Novel ini bercerita tentang perjuangan dari para peretas untuk mencapai misinya membebaskan umat manusia dari fase amnesia. Konflik terjadi ketika para peretas ini mengalami masalah dengan dirinya sendiri. Seperti rasa ragu, tidak tahu arah ataupun saling curiga dengan Infiltran. Selain itu para peretas juga mendapatkan hambatan dari para Sarvara (penjaga).

Well, inilah beberapa poin untuk membuka tabir Supernova :
  1. Surat dengan kode S disini bermakna Supernova. Tidak ada hubungannya dengan Diva ataupun Ruben-Dimas. Esensi dari surat ini lebih menekankan pada kerangka berpikir Dee sebagai penulis, dalam memandang jiwa manusia di lingkup dimensi ruang-waktu. Tujuan surat ini lebih kepada proses mempelajari makna kehidupan. Seperti ledakan bintang Supernova yang menghentak. Siapapun orang yang sudah membaca Supernova diharapkan bisa menemukan hal baru untuk dipertanyakan dalam hidupnya.
  2. Umbra dan Sarvara ini semacam neurotransmitter dalam system otak, bagi para Harbinger (peretas). Dimana Umbra dan Sarvara ini sebagai penghubung sekaligus penghambat. Umbra bertugas membantu para Peretas untuk mencapai misi. Karena para Umbra ini bisa menyusup ke peretas, maka mereka sering disebut Infiltran. Sarvara sendiri berfungsi mengahambat peretas dengan berbagai cara. Seperti yang dilakukan Simon kepada Elektra. Proses hipnotis dimana diperlihatkan suatu keadaan rumah yang menyenangkan, kehidupan yang nyaman, pokoknya sesuatu yang bersifat keduniawian. Bahkan yang lebih ekstrim yaitu mengubah Peretas menjadi Sarvara seperti yang terjadi pada Firas.
  3. Harbinger. Los Precursores (Peretas), datang dan pergi ke bumi menemban satu tujuan penting. Setiap peretas memiliki kelebihan dan kode masing-masing. Tujuan mereka untuk dapat mengakses portal, sehingga alam kesadaran bisa terbuka. Pada akhirnya bisa berguna untuk memantik kesadaran umat manusia akan kemanunggalan jiwa yang abadi.
  4. Asko ini semacam Akashic Record, database yang menyimpan semua hal tentang kehidupan manusia dari awal hingga akhir (Alfa-Omega), yang tak tersekat oleh dimensi apapun termasuk ruang-waktu. Asko adalah manifestasi alam bawah sadar yang dapat timbul ke permukaan ketika diakses. Dan hanya manusia pilihan seperti para Harbinger-lah yang dapat mengaksesnya.
  5. Simbol Heksagonal dalam Novel Intelegensi Embun Pagi lebih ditujukan kepada Toni (Mpret), yang juga memiliki Kode Foniks. Dalam cerita, sosok Toni merupakan seorang hacker dalam naungan Elektra-Pop. Jadi jelas tokoh sentral utama dalam cerita ini sebenarnya ada pada Toni. Kemampuan dia dalam daring melebihi kemampuan Diva ataupun Elektra. Wajarlah jika Dee menjadikan Diva hanya sebagai pemanis. IEP = Hekasognal = Mpret.
  6. Setiap kode yang dimiliki peretas saling berhubungan anatara satu dengan yang lain. Alfa adalah peretas pertama, bisa dikatakan dia adalah konseptor Asko. Bertugas merancang dan merencanakan misi peretas lain dengan Gelombang mimpinya. Dan selanjutnya yang diperlukan adalah Kunci (Gio) untuk membuka Gerbang (Zahrah) guna memasuki portal. Setelah itu diperlukan Kisi yang mengakar dari (Bodhi) lewat Memori untuk dikirimkan melalui transmitter (sirkuit) bermuatan Petir (Elektra). Dan pada akhirnya semua akan lengkap ketika Toni bisa melengkapi kemampuan Elektra untuk membentuk jaringan intelegensi di Asko.
  7. Keping yang terserak dari Permata bisa hadir ketika Kunci (Gio) dimasukkan ke dalam Gerbang (Zahrah) atau percintaan Kesatria (Ferre) dengan Putri (Rana). Diharapkan mereka dapat menghasilkan sebuah Permata hati yang kelak akan menjadi suksesor mereka.
Secara garis besar Novel ini memberikan cerita yang cukup menarik. Sci-Fict diramu dengan Spiritualisme menghadirkan bahasan yang tak habis untuk dipertanyakan. Lalu, mampukah Bodhi dkk membentuk intelegensi heksagonal untuk dapat mengakses portal kesadaran?

Kelebihan Novel :
Gaya bahasa Dee masih terasa yummy, dengan beberapa metafora dan kosa kata yang terdengar renyah. Beberapa istilah asing dijelaskan dengan rapi. Ada pula beberapa informasi yang terselip bisa menambah wawasan.
Kelemahan Novel :
Dengan banyaknya tokoh, tidak sebanding dengan plot dan konflik yang hadir. Malah yang terjadi novel ini cenderung dipaksakan untuk dijejali dengan banyaknya tokoh. Seharusnya novel ini bisa lebih diperingkas melalui sudut pandang Harbinger vs Sarvara, bukan cerita per keping dari para tokoh. Selain itu, ada beberapa kisah yang tidak terjelaskan maksud tujuannya, sehingga masih menyimpan tanda tanya untuk para pembaca. Sebagai penutup serial Supernova, bisa dikatakan novel ini tidak mendapatkan klimaksnya, karena faktor isi kandungan cerita.

Keping Valhalla :
Well, jika kita menarik ke non fiksi atau dunia nyata, bisa dikatakan Toni (Mpret) adalah seorang real Hacker yang juga teman Dewi Lestari. Dan Supernova (Ferre & Diva) adalah manifestasi dari Dewi Lestari, dimana ada formula dari Supernova itu sendiri yang diperoleh dari Toni Si real hacker. Tentu saja sesuatu yang berhubungan dengan daring internet. Supernova adalah cyber avatar, dimana pemikirannya bisa mempengaruhi orang, sebuah sistem seperti daring internet yang dapat diakses oleh semua orang.

Download Novelnya Dibawah ini :
Supernova 6 Intelegensi Embun Pagi (PDF)

0 Response to "Download Novel Supernova 6 : Intelegensi Embun Pagi"

Post a Comment

Promosikan Blog Anda!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Halimah sudah download Novel Rania
Download DISINI>>